Selama ramadhan, Polresta Pekanbaru Adakan Operasi Dari Pasar Hingga Sambangi Komplek Perumahan

0
2080
WAKAPOLRESTA AKBP ADY WIBOWO
WAKAPOLRESTA AKBP ADY WIBOWO
WAKAPOLRESTA AKBP ADY WIBOWO

PEKANBARU, SIAGANEWS.CO- Polresta Pekanbaru menggelar pengamanan kegiatan operasi di bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, hal tersebut agar terciptanya kondisi aman dan nyaman bagi masyarakat Bumi Bertuah. Mulai dari operasi pasar hingga operasi sembako di pasar-pasar terus dilakukan oleh jajaran Polresta Pekanbaru.

Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pekanbaru AKBP Tonny Hermawan saat dikonfirmasi melalui Wakapolresta AKBP Ady Wibowo, Jum’at (10/6) pagi menyebutkan di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri pihaknya akan disiapkan strategi pengamanan.
“Kita turun Langsung ke lapangan dalam mengatasi permasalahan yang akan timbul, sehingga mampu meminimalisir terjadinya permasalahan di bulan suci tersebut,” ujar Ady Wibowo.
Sejumlah kegiatan operasi antara lain Operasi kelancaran distribusi kebutuhan sembako untuk wilayah Pekanbaru, dimana kepolisian akan melakukan kordinasi dengam intansi terkait, yakni Bulog dan Dinas Perdangangan atau Pertanian dan memastikan kebutuhan sembako aman.
” Selain itu terkait kenaikan harga di pasar juga menjadi atensi kepolisian dan dinas perdagangan untuk memonitor dan mengawasi peningkatan harga kebutuhan selama ramadhan sehingga tidak memberatkan masyarakat,” tuturnya.
Sedangkan persoalan penimbunan sembako, maka Polresta Pekanbaru akan melakukan pengawasan terhadap kelancaran kebutuhan pangan dan kelancaran BBM agar tidak terjadi penimbunan yang dimonopoli oleh orang-orang tertentu dengan tujuan ingin mencari keuntungan dan memanfaatkan moment bulan Ramadhan.
“Kita juga melakukan razia dan penertiban minuman keras maupun jenis oplosan akan kita lakukan terhadap pedagang maupun kios-kios penjual miras, masalah petasan dan mercun akan menjadi atensi pihak Polresta beserta jajaran selama bulan Ramadhan. Kita  memastikan tidak ada yang memanfaatkan maupun memperdagangkan petasan baik dari dalam negeri maupun luar negri karena dapat mengganggu ketertiban di bulan Ramadhan,” tuturnya.
Selain itu, pihak Polresta Pekanbaru juga melakukan sejumlah pengamanan di tempat ibadah seperti masjid saat pelaksanaan sholat Tarawih dan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat muslim yang menjalankan ibadah sholat, sekaligus dalam antisipasi terjadinya pencurian motor, pencurian helm dan pencurian sandal atau sepatu di area Mesjid
“Kita juga melakukan pengamanan di tempat bazar Ramadhan terutama saat menunggu waktu buka, sekaligus kita lakukan pengaturan lalu lintas,” ujarnya.
Bahkan Polresta Pekanbaru juga menggelar Patroli kerumah-rumah penduduk terutama yang di tinggal penghuninya untuk pulang kampung atau mudik dan ini dilakukan agar antisipasi terjadinya pencurian kerumah-rumah yang di tinggal penghuninya.
“Kita juga melakukan patroli cipta kondisi dimana dilakukan usai sholat tarawih serta subuh, karena biasanya anak-anak remaja usai sholat tarawih tidak langsung pulang kerumah. Begitu juga shallat subuh, anak-anak masih berada di jalan raya jadi kita lakukan patroli penertiban untuk menghindari balap liar di jalan serta kebut-kebutan di jalan raya,” tuturnya.
Kepolisian Resort Kota  Pekanbaru akan bekerja sama dengan intansi terkait TNI, pemerintah daerah, satpol pp, tokoh masyarakat, tokoh agama, untuk bersama-sama menciptakan kamtibmas yang kondusif.
” Kami sudah melakukan kegiatan penangkapan baik bagi pelaku kriminal maupuan pelaku dalam berbagai hal dan kita masih menghimbau agar masyarakat juga menjalin dan menjaga kondusif dalam bulan suci ini,” tutup Wakapolresta.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.