Kini Pemimpin Tegas dan Penegak Syariat Tersebut Meninggalkan Ribuan Kenangan di Bumi Lancang Kuning

0
2122
Kombes Pol Aries Syarief Hidayat MM
Kombes Pol Drs Aries Syarief Hidayat MM
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Drs Aries Syarief Hidayat MM

PEKANBARU, SIAGANEWS.CO- Jajaran Polresta Pekanbaru khususnya dan Masyarakat Bumi Bertuah ini kembali kehilangan seorang pemimpin dan pelindung yang dekat dengan semua element masyarakat. Setelah berpindahnya Wakapolresta AKBP Sugeng Putut Wicaksono, hari ini Jum’at (13/5/2016) giliran Kapolresta Kombes Pol Aries Syarief Hidayat yang melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) tanda berakhirnya masa jabatan pria berpangkat melati tiga ini.

Sosoknya yang lembut dan selalu peduli dengan sesama membuat putra asli Bandung Jawa Barat ini begitu dekat dengan semua kalangan. Penampilannya yang sederhana terkadang membuat beberapa orang tertipu jika pria kelahiran 28 Maret 1967 ini merupakan seorang pemimpin di jajarannya. Banyak perubahan yang dibuat oleh Kombes Pol Aries Syarief Hidayat semasa menjadi Kapolresta Pekanbaru, bersanding dengan AKBP Sugeng Putut Wicaksono membuat keduanya seperti pahlawan dari ranah Jawa yang datang untuk menegakkan kebenaran.

Datang menggantikan Kombes Pol Robert Harianto Watratan pada bulan Mei tahun silam, pria yang kerap mengingatkan Shallat kepada anggotanya ini langsung membuat kejutan salam perkenalan bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Bersama anggota TNI dan Sat Brimob Polda Riau, lulusan Akabri 1989 ini langsung menggrebek wilayah Kampung Narkoba Pangeran Hidayat dan Kampung Dalam. Selesai melakukan penggrebekan, dirinya langsung memimpin Shallat dan ceramah di Masjid wilayah Pangeran Hidayat. Tidak hanya sekali, penggrebekan terhadap Kampung dalam tersebut beberapa kali dilakukan Polresta Pekanbaru.

Sontak yang dilakukan pria pecinta musik Rock ini menjadi perbincangan dikalangan masyarakat, pasalnya dua wilayah tersebut merupakan zona nyaman dan aman sebelum kedatangannya sebagai tampuk pelindung masyarakat Bumi Lancang Kuning. Seperti mendapatkan semangat dan darah segar, tidak beberapa lama seluruh jajaran Polresta Pekanbaru kembali melakukan gebrakan setelah ketenangan masyarakat terusik atas ulah aksi pelaku Street Crime yang mulai marak. Dengan hitungan jam memberikan perintah agar diringkus para pelaku dan lakukan tindakan tegas atau tembak ditempat jika harus memungkinkan, delapan orang tersangka langsung dilumpuhkan dalam satu malam oleh tiga Polsek.

Tidak hanya dalam bidang keamanan saja, dirinya yang pernah menjadi Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru pada tahun 1997 ini juga memiliki nilai Sosial yang jarang ditemui dari pimpinan Kepolisian atau bahkan Pemerintah. Pasca bencana asap melanda Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau pada tahun lalu yang hampir selama dua bulan ternyata membuatnya sangat prihatin kepada generasi bangsa atau pelajar. Tanpa adanya bantuan Pemerintah baik Kota ataupun Provinsi, ayah tiga orang anak ini langsung berusaha mencari donator untuk mendatangkan ratusan guru terlatih guna memberikan bantuan pelajaran disetiap sekolah yang ada di Pekanbaru. Sebelumnya beberapa kali Shallat meminta hujan juga telah dilakukan.

Didalam kelembutannya Kombes Pol Aries Syarief Hidayat juga memiliki komitmen dan konsisten untuk menegakkan syariat Islam. Suka berpindah-pindah Shallat Subuh dan mengikuti pengajian dari Masjid-Masjid yang ada di Pekanbaru bersama sang istri, beberapa wilayah lokasi maksiat seperti SCH dan Jondul kerap dilakukan razia oleh jajarannya. Bekerja dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan menjadi modal utamanya membentuk kelompok pengajian di Polresta Pekanbaru serta mendirikan sebuah Masjid. Malah beberapa kali masyarakat Bumi Lancang Kuning dihadirkan tokoh-tokoh Agama dalam Tabligh Akbar.

Lulus dalam Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (sespimti) membuat pria sederhana ini melangkah lebih jauh untuk menjadi seorang Jendral dengan membawa ribuan harapan akan adanya perubahan di tubuh Polri. Menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Mabes Polri, kursi yang ditinggalkannya langsung digantikan oleh AKBP Tony Hermawan R SIK.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.