Adu Pinalti, Real Madrid Juarai Liga Champions

0
2039
reuters/stefan wermuth
reuters/stefan wermuth
reuters/stefan wermuth

OLAHRAGA- Real Madrid berhasil mengalahkan Atletico Madrid dengan skor 5-3 lewat drama adu penalti dalam laga final Liga Champions di San Siro, Minggu (29/5/2016) dini hari WIB. Hasil tersebut membuat Madrid mengukir undecima atau trofi ke-11 di Liga Champions.

Kedua klub terpaksa menjalani pertandingan hingga babak tos-tosan setelah skor sama kuat 1-1 bertahan hingga 120 menit. Pada babak adu penalti, lima algojo El Real berhasil menjalankan tugasnya. Sementara itu, dari empat penendang Atletico hanya Juanfran yang gagal.

Menerapkan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan trio BBC (Karim Benzema – Gareth Bale – Cristiano Ronaldo) di lini depan, Madrid langsung melancarkan serangan sejak menit awal.

Benzema memiliki kesempatan untuk membawa El Real memimpin pada menit ke-6. Namun, bola hasil sepakan kaki kiri penyerang asal Prancis itu masih mampu dihentikan kiper Atletico, Jan Oblak.

Masuk menit ke-15, Real Madrid sukses membuka keunggulan. Berawal dari tendangan bebas Toni Kroos, bola mampu disundul Gareth Bale yang berada di dalam kotak penalti. Si kulit bundar langsung disambar Sergio Ramos dengan sontekan kaki kiri yang menggetarkan jala gawang Los Rojiblancos.

Kebobolan lebih dulu, Atletico Madrid coba membalas. Akan tetapi, upaya Antoine Griezmann untuk mencetak gol pada menit ke-34 belum membuahkan hasil. Sampai babak pertama usai, skor 1-0 untuk keungguan Los Blancos tetap bertahan.

Atletico mengawali babak kedua dengan baik. Laga baru memasuki menit ke-46, Los Rojiblancos mendapatkan hadiah penalti setelah Fernando Torres dijatuhkan oleh Pepe di kotak terlarang.

Sayang, Antoine Griezmann yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Bola hasil sepakan 12 pas Griezmann hanya menerpa mistar gawang.

Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo saling bergantian melepaskan tembakan ke arah gawang Atletico Madrid. Akan tetapi, bola hasil sepakan Benzema menit ke-70 serta Ronaldo menit ke-78 dapat dihentikan Jan Oblak.

Atletico akhirnya sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-79. Umpan mendatar Juanfran dari sisi kanan mampu dikonversikan Yannick Ferreira-Carrasco menjadi gol dengan sontekan kaki kanan.

Memasuki menit-menit akhir, kedua klub saling jual beli serangan. Namun, hingga 2×45 menit usai, skor sama kuat 1-1 tetap bertahan. Alhasil, laga pun harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada extra time, Madrid dan Atletico makin intens membangun serangan. Tetapi, sampai 2×15 menit berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Penentuan pemenang pun harus dilakukan lewat adu penalti. Pada babak tos-tosan, Madrid keluar sebagai pemenang dengan skor 5-3.

Lima penendang Real Madrid, yakni Lucas Vazquez, Marcelo, Gareth Bale, Sergio Ramos, dan Cristiano Ronaldo berhasil membobol gawang Jan Oblak. Sementara itu, algojo penalti Atletico Madrid hanya Antoine Griezmann, Gabi, dan Saul Niguez yang mampu mencetak gol, sedangkan sepakan 12 pas Juanfran menerpa tiang gawang.

(bola.com)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.