Promosikan Potensi Wisata melalui Lomba Sapta Pesona 2016

0
2138
ilustrasi Foto Ist
ilustrasi Foto Ist
ilustrasi Foto Ist

SIAGANEWS.CO- Riau mulai menggeliat dengan potensi wisatanya. Berbekal semangat itu Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) terus mengembangkan potensi desa wisata. Ini diwujudkan dengan melakukan pembinaan dan lomba Sapta Pesona 2016 Kamis (2/6/2016) di Pekanbaru.

Langkah ini dilakukan untuk menggali potensi destinasi wisata daerah. Sementara itu dari hasil penilaian dewan juri yang berasal dari akademisi dan pihak-pihak berkompeten terpilih beberapa desa yang komit dalam pengembangan wisata.

Kepala Disparekraf Riau Fahmizal melalui Kabid Bina Wisata Yulisma mengatakan lomba Sapta Pesona bertujuan untuk mengembangkan potensi destinasi wisata. Selain itu juga berperan dalam menambahkan pengetahuan dan integritas bagi pengembangan pariwisata di daerah.

”Baru-baru ini kita sudah launching lima destinasi wisata dalam program Riau menyapa dunia. Desa Wisata Sungai Mempura terpilih menjadi desa wisata terbaik untuk lomba Sapta Pesona 2016. Untuk itu diharapkan dengan pembinaan wisata dapat melecut semangat para peserta dalam membina kelompok sadar wisata,” paparnya.

Ia juga menerangkan, ke depan diperlukan kerja sama dan sinergitas pihak-pihak terkait. Seta memperhatikan potensi serta peran serta masyarakat, karena dukungan masyarakat turut mendukung pembinaan pariwisata lokal.

”Kita tentunya mengharapkan dukungan dari pelaku usaha dan stakeholder terkait yang bersentuhan dengan pariwisata. Diharapkan lebih pro aktif, sehingga berperan dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya lagi.

Selain Desa wisata Sungai Mempura, Desa wisata Pulau Cawan juga menjadi yang terbaik ke dua dan Desa wisata Sialang Jaya menjadi terbaik ke tiga. Apresiasi juga diberikan untuk desa lainnya seperti desa wisata Bokor menjadi terbaik harapan satu, desa wisata Rantau Bais harapan ke dua dan Desa wisata Tebing Tinggi Okura harapan ke tiga.

Desa-desa wisata tersebut mendapatkan apresiasi berupa uang pembinaan dan piagam untuk memotivasi para pihak yang konsen dalam pengembangan wisata.

Turut hadir Direktur Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta Gusmayadi MPd dan beberapa pemateri dan dewan juri serta tamu undangan lainnya. Seperti Andri Sulistyani, Ketua RTB Fadlah Sulaiman, Perwakilan Polda Riau Heru Martaya Dan Asosiasi Pariwisata di Provinsi Riau dan undangan lainnya.(mcr)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.