PAUD Bagian dari Pembentukan Akhlak Seorang Anak

0
2068
ilustrasi PAUD
ilustrasi PAUD
ilustrasi PAUD

SIAGANEWS.CO- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk pembentukkan akhlak anak, yang diharapkan bisa dibawa hingga dewasa. Untuk itu pemerintah berupaya agar lembaga PAUD ini bisa dikelola melalui akademik dan manajerial yang matang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau Dr H Kamsol diwakili oleh Pengawas Disdikbud Riau Jayusman, saat membuka kegiatan PAUD, dikatakan, kunci keberhasilan PAUD yaitu terletak kepada pengawas dan penilik PAUD itu sendiri. Melalui pengarahan dan bimbingannya, maka lembaga PAUD bisa berjalan sesuai yang diharapkan bangsa.

“Apabila sekolah itu dikelola dengan akademik dan manajemen yang betul, maka sekolah itu bisa sesuai dengan apa diharapkan bangsa. Karena sekolah tersebut merupakan sebagai pusat pendidikan yang diamanatkan kepada guru dan pengawas untuk membentuk insan Indonesia berakhlak baik, berkepribadian, cerdas, kompeitif dan mandiri,” kata Jayusman, Selasa (31/5).

Diakui Disdikbud telah melakukan berbagai pelatihan atau diklat supervisi bagi pengawas dan penilik PAUD se Provinsi Riau. Tujuannya untuk meningkatkan efekifitas dan efisiensi tenaga pendidik dan murid disekolah.

Kemudian dapat mengendalikan bidang edukatif sesuai dengan ketentuan berlaku, berjalannya kegiatan yang berlandaskan akademik dan manajerial. Terus bisa memberikan bimbingan kepada tenaga pendidik dan murid sera mampu memecahkan permasalahan disekolah.

Diharapkan melalui penguatan supervisi itu dapat terciptanya pengawas dan penilik yang mampu melakukan pengawasan pendidikan maupun manajerial diseluruh PAUD di Riau. Sebab melalui kreaifitas pengawas dan penilik, bisa mengembangan sekolah secara koloboratif diwilayah kerjanya.

“Jadi diminta kepada pengawas dan penilik bisa menjalankan prosedur sesuai dengan ketentuan berlaku dalam pengelolaan akademik dan manajerial disekolah. Selain itu, pemerintah sudah melakukan peningkatan mutu terhadap tenaga pendidik, sehingga dapat memudahkan komunikasi dan koordinasi dalam pengembangan PAUD tersebut,” jelas Jayusman.(mcr)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.