Gelar Rakor, Humas Polresta Pekanbaru Optimalkan Fungsi Jajaran

0
2239

HUMAS

PEKANBARU, SIAGANEWS.CO – Hubungan Masyarakat atau lebih dikenal dengan singkatan Humas sungguh memiliki peran aktif dalam suatu organisasi. Begitu pula dengan Humas Polri, juga sama fungsinya dalam memberikan informasi kepada masyarakat melalui kerjasama dengan pihak-pihak terkait meliputi media massa dan sebagainya.

Dalam Rangka memaksimalkan Fungsi kehumasan di Polresta Pekanbaru, Bagian Humas menggelar Rapat koordinasi (Rakor) dengan Kasi Humas di Jajaran Polresta Pekanbaru bertempat di Ruangan Kepala Bagian Operasional Polresta pekanbaru, Selasa (24/5) pagi

Turut dihadiri Kabag Ops Kompol H.M Sembiring, Kasubag Bin Ops, AKP Novaldi, Kasubag Humas, Ipda Letman Zainudin SH dan seluruh Kasi Humas jajaran Polsek.

Kasubag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Letman Z menyebutkan, bahwa Humas Polri adalah jembatan penting yang menghubungkan media dengan Polisi dan keberadaan Humas adalah sebagai penyampai informasi kepada masyarakat melalui media massa dalam rangka memberikan pelayanan publik di Kepolisian, serta fungsi  Humas memiliki standard maupun prosedur pengolahan guna menjamin  pelayanan informasi publik yang transparan dan akuntabel.

” Bidang Humas ini  merupakan Unsur Pelaksanaan staf khusus yang bertugas menyelenggarakan fungsi Kehumasan. Melalui kerjasama dengan media massa untuk  pembekalan opini masyarakat yang positif bagi pelaksanaan tugas kepolisian,” terang Kasubag Humas, yang akrab disapa Letman, Kamis (26/5).

Lebih jauh dibeberkan oleh mantan Bhabinkamtibmas terbaik Se Indonesia Tahun 2014 silam ini, bahwa fungsi pokok Humas Polri ada enam. Pertama, pembinaan terhadap kegiatan Humas yang dilaksanakan di lingkungan Polri. Kedua penerangan umum dan satuan yang meliputi pengelolaan dan penyampaian menjalin kerjasama dengan media massa yang ada. Ketiga, pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dan dokumentasi suatu kegiatan. Ke empat, kegiatan yang berkaitan penyampaian berita di lingkungan Polri serta peliputan, pemantauan, produksi dan dokumentasi informasi yang berkaitan dengan tugas di lingkungan Polri. Kelima, perencanaan dan pengadministrasian umum, di lingkungan  Humas Polri serta yang keenam menyelenggarakan peliputan, pemantauan, dan evaluasi kegiatan program Humas Polri.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Letman, selain dari enam point penting itu, bidang Humas juga  bertugas melaksanakan Penerangan Satuan (Pensat) dalam rangka untuk pemerataan informasi di lingkungan Polri.

“Perlu diketahui seluruh anggota bahwa fungsi Humas bukanlah fungsi “anak tiri” yang tidak mempunyai peran dalam kesatuan Polri. Akan tetapi, Humas Polri sudah menjadi fungsi sejajar dengan staff lainnyan,” kata Letman yang baru saja tiga pekan berdinas sebagai Kasubag Humas di Polresta Pekanbaru.

Ia berharap, untuk seluruh personil Humas Polri di seluruh jajaran Polresta Pekanbaru agar terus aktif dan kreatif memberikan informasi kepada masyarakat Pekanbaru.

” Kita berharap sebagai Jurnalis Polri seluruh kasi Humas Polsek juga lebih  aktif dalam memberikan informasi pelayanan kepolisian kepada masyarakat,” tegas Letman yg pernah memperkuat Satuan Brimob Polda Riau ini.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.