Pemprov Riau Terima Bantuan Hujan Buatan

0
2036
foto blog.act.id
foto blog.act.id
foto blog.act.id

SIAGANEWS. CO – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau Edwar Sanger mengatakan pemerintah pusat memberikan bantuan modifikasi cuaca untuk membuat hujan buatan guna pencegahan kebakaran lahan dan hutan selama musim kemarau di daerah ini.

“Rencananya hujan buatan itu akan mulai kita lakukan Jumat pekan ini,” kata Edwar Sanger kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan pelaksanaan hujan buatan melalui teknologi modifikasi cuaca (TMC) tersebut menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Lokasi hujan buatan difokuskan di wilayah pesisir Riau seperti Rokan Hilir, karena daerah itu mengalami kemarau cukup parah, dan terjadi kebakaran lahan yang cukup parah.

Menurutnya, pelaksanaan TMC itu akan terus dilakukan selama diperlukan. Menurutnya, alasan dilaksanakannya TMC itu adalah semakin menipisnya curah hujan yang diprediskikan akan terus terjadi hingga Agustus mendatang.

Dalam operasi TMC itu, dia mengatakan BPPT menggunakan satu unit pesawat jenis Cassa yang telah diterbangkan dari Jakarta pada siang hari ini. “Setiap kali penerbangan, pesawat itu mampu mengangkut satu ton garam,” jelasnya.

BPBD Provinsi Riau mencatat 1.400 hektare total luas karlahut di Provinsi Riau telah terjadi mulai Januari hingga awal Juli 2016.

Bahkan, selama libur libur lebaran ini, kebakaran lahan terus meluas. Kebakaran terjadi di sejumlah wilayah seperti Siak, Pelalawan, Rokan Hilir, Dumai, Kampar dan Rokan Hulu. Di Pelalawan, kebakaran terjadi di areal Taman Nasional Tesso Nilo.

Selama ini, Satgas Karhutla Riau mencegah Karhutla dengan membangun ribuan kanal dan menanggulangi Karhutla dengan cara pengeboman air. (ant)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.