PEKANBARU,SIAGANEWS.CO- PT XL Axiata, Tbk (XL), Selasa (17/11/2015) kemarin, mengkomersialkan layanan internet cepat secara nasional, di kota-kota utama di Indonesia. Upaya ini dilakukan Seiring selesainya penataan ulang frekuensi 1800 MHz secara nasional.
XL memperkirakan layanan berbasis 4G LTE ini, akan sangat membantu aktivitas di berbagai bidang, baik pemerintahan maupun bisnis, hiburan, hingga aktivitas sosial kemasyarakatan.
“Akhirnya kami meresmikan komersialisasi layanan 4G LTE secara nasional. Sengaja kami tak menunda-nunda lagi mengingat kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan untuk segera bisa memanfaatkan internet super cepat guna membantu meningkatkan produktivitas mereka. Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung upaya XL menyelenggarakan layanan 4G LTE, termasuk kepada Kementerian Komunikasi & Informatika,” ujar Presiden Direktur XL, Dian Siswarini saat peresmian komersialisasi layanan XL 4G LTE di Jakarta.
Di Sumatera, prosesi peresmian komersialisasi layanan XL 4G LTE berlangsung di GrhaXL Medan, Selasa (17/11).
Haryo Wibowo – Vice President XL West Region mengatakan, kota-kota di Sumatera sudah siap memberikan layanan XL 4G LTE. Pertama kali XL telah menggelar layanan 4G di Medan dan hari ini berlanjut layanan 4G LTE bisa dinikmati pelanggannya di Pekanbaru, Batam, dan Palembang.
Secara nasional, hingga akhir tahun nanti akan ada sekitar 35 kota yang telah terlayani layanan internet XL 4G LTE tercepat nasional dari XL. Saat ini layanan 4G XL ditopang oleh lebih dari 3.000 BTS 4G.
“Layanan telekomunikasi terbukti mampu menghadirkan manfaat pada kehidupan masyarakat. Layanan voice dan SMS sudah cukup membantu, kini masyarakat membutuhkan layanan telekomunikasi yang lebih komplit : voice, SMS, data internet berkecepatan tinggi. Sejak mulai mengimplementasikan layanan 4G LTE, XL langsung mengutamakan sisi kualitas. XL menghadirkan layanan internet untuk kenyamanan penggunanya, stabil, dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Alhasil, manfaat dari teknologi ini secara maksimal akan didapatkan masyarakat,” tambah Haryo
Karena pertimbangan kualitas dan kenyamanan tersebut, sejak awal XL mengambil pendekatan untuk langsung membangun layanan 4G LTE dengan standar yang mampu menghadirkan layanan “Extreme HD 360° Video”. Video ini menghadirkan tayangan yang tidak biasa. Sudut pandang video bisa mencakup 360°, yang hanya bisa dinikmati dengan kualitas internet yang benar-benar prima, baik secara kecepatan maupun kestabilan. Jadi, jika layanan internet super cepat XL mampu menghadirkan video jenis tersebut secara baik, maka juga akan unggul dalam menghadirkan jenis layanan data dan digital lainnya.
XL yakin, dengan hadirnya layanan internet super cepat 4G LTE hadir di Indonesia, maka tuntutan pasar akan juga berubah. Para pelanggan dan pengguna layanan mobile internet akan menghendaki kualitas yang benar-benar prima agar mereka bisa menikmati dan merasakan kenyamanan memanfaatkan layanan data secara maksimal.
Akses pada layanan yang bersifat visual, terutama video akan terus meningkat. Video akan menjadi format layanan data untuk berbagai keperluan, baik untuk edukasi, promosi, presentasi, hingga hiburan.
Kecepatan layanan 4G LTE XL antara lain telah mendapatkan pengakuan dari hasil laporan survey OpenSignal, September 2015 lalu. Hasil survey tersebut menyebut, untuk wilayah Indonesia, operator XL Axiata dianggap memiliki layanan tercepat dalam penyediaan layanan Internet dengan teknologi LTE.
Pengembangan wilayah layanan dan jaminan atas kualitas layanan internet yang prima tersebut selanjutnya menjadi landasan bagi XL dalam mengimplementasikan berbagai program dalam mendukung Rencana Pita Lebar Indonesia (Indonesia Broadband Plan).
Program-program ini bersifat implementasi atas pemanfaatan teknologi digital sebagai solusi atas persoalan sosial masyarakat. XL bekerjasama dengan pemerintah daerah di berbagai penjuru tanah air dalam implementasinya. Beberapa program di antaranya adalah mFish, XmartCity, dan XmartVillage.
“Melalui program-program tersebut, kami hendak menunjukkan secara langsung kepada masyarakat Indonesia khusunya pelanggan XL di Sumatera manfaat yang bisa diraih dari keberadaan internet cepat dan teknologi digital. Kami melakukannya untuk ikut menyiapkan masyarakat Indonesia menuju era digital, agar masyarakat tidak hanya menjadi konsumen belaka, namun juga bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hidup,” tutur Haryo lagi. (rls)