Bersepeda untuk kesehatan

0
457
foto shabara

Pekanbaru – Siaganews – Agar bugar dan sehat Anda perlu aktif secara fisik. Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu melindungi Anda dari penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, penyakit mental, diabetes, dan radang sendi. Mengendarai sepeda secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan Anda terkait dengan gaya hidup yang kurang bagus.

Bersepeda adalah olahraga yang sehat, yang dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia, dari anak kecil hingga orang dewasa yang lebih tua. Ini juga menyenangkan, murah dan ramah lingkungan.

Bersepeda untuk bekerja (BIKE TO WORK) atau berbelanja adalah salah satu cara paling efisien waktu untuk menggabungkan latihan rutin dengan rutinitas sehari-hari Anda. Diperkirakan satu miliar orang naik sepeda setiap hari – untuk transportasi, rekreasi, dan olahraga.

Hanya dibutuhkan dua hingga empat jam seminggu untuk mendapatkan dampak bersepeda bagi kesehatan Anda. Keuntungan Bersepeda antara lain :

  1. Resiko cedera otot yg sedikit – dengan bersepeda dapat mengurangi ketegangan dan cedera oto daripada kebanyakan bentuk latihan lainnya.bersepeda menggunakan semua kelompok otot utama saat Anda mengayuh.
  2. Mudah – tidak seperti beberapa olahraga lainnya, bersepeda tidak memerlukan keterampilan fisik tingkat tinggi. Kebanyakan orang tahu cara mengendarai sepeda dan, begitu Anda belajar, Anda tidak lupa.
  3. Baik untuk kekuatan dan stamina – bersepeda meningkatkan stamina, kekuatan dan kebugaran aerobik.
  4. Hobby yang menyenangkan – Hobby berpetualang di alam bebas dapat anda lakukan dengan bersepeda seperti menaiki bukit, cross country, atau sekedar berkeliling kota.
  5. Hemat waktu – sebagai moda transportasi, bersepeda kekantor, berbelanja, dapat mengurangi kemacetan di jalan raya, dan tentu saja, sepeda tidak akan terkena dampak macet di jalanan, dengan ini anda dapat terhindar dari kemacetan lalu lintas.

dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.sedangkan keuntungan dari segi kesehatan adalah sebagai berikut :

Bersepeda terutama merupakan aktivitas aerobik, yang berarti bahwa jantung Anda, pembuluh darah dan paru-paru semua mendapatkan latihan. Anda akan bernafas lebih dalam, berkeringat, dan mengalami peningkatan suhu tubuh, yang akan meningkatkan tingkat kebugaran Anda secara keseluruhan.

  1. peningkatan kebugaran kardiovaskular.
  2. meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot.
  3. meningkatkan mobilitas sendi.
  4. penurunan tingkat stres.
  5. memperbaiki postur dan koordinasi.
  6. tulang yang diperkuat.
  7. penurunan kadar lemak tubuh.
  8. pencegahan atau manajemen penyakit.
  9. mengurangi kecemasan dan depresi.

secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Bersepeda dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan dapat mengurangi kemungkinan mengalami banyak masalah kesehatan.

(sumber – https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/cycling-health-benefits)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here